Damanhuri *
Lampung Post, 30 Okt 2008
SEBUAH bangsa sesungguhnya “sebuah komunitas yang diangankan, sebuah komunitas yang dianggit”. Itu kata-kata Benedict Anderson dalam bukunya yang telah menjadi klasik: Imagined Communities (1983) atau dalam terjemahan Indonesia, Komunitas-Komunitas Imajiner (Insist, 2001).
Dalam perjalanan sejarah Indonesia–seperti dalam semua sejarah kelahiran bangsa yang lain, tentunya–ikhtiar mewujudkan gagasan yang dianggit bersama itu tentu saja ditempuh lewat pelbagai perhelatan dan gerakan politik. Dan, tanpa melupakan beragam peristiwa politik lain yang tidak kurang gemuruhnya, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 tidak diragukan lagi merupakan tonggaknya yang terpenting. Sebuah ikrar persatuan (tanah air, bangsa, dan bahasa) yang ditunjuk Ignas Kleden dalam Bersumpah untuk Bahasa (Tempo, 27 Oktober 2008) sebagai remote preparation bagi Proklamasi 17 tahun kemudian.
***
Apa yang barangkali juga sangat menarik dalam peristiwa politik yang memekikkan deklarasi persatuan seluruh bangsa itu adalah pilihan bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan Indonesia dengan tanpa perdebatan kelewat panjang dan ruwet. Sebuah pilihan yang, kata Kleden lagi, merupakan peristiwa politik paling khas karena tidak banyak presedennya dalam sejarah kelahiran bangsa-bangsa lain.
Dipilihnya bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan tentu saja bukan tanpa disertai argumen penopang. Sifat egaliter yang menyatu dalam bahasa Melayu adalah salah satu alasannya.
Maka, seraya memuji sekaligus merujuk Ajip Rosidi sebagai sastrawan-budayawan Sunda yang tidak pernah lekang kecintaannya kepada bahasa dan kebudayaan Sunda, dalam esai pengantar untuk analekta tulisan Masyarakat dan Negara: Sebuah Persoalan (2004), Kleden pun menyebut penggagas Penghargaan Rancage untuk sastra daerah itu sebagai eksemplar ideal seorang budayawan-sastrawan yang tidak kehilangan sikap kritis atas warisan budayanya. Sikap yang, sayangnya, kerap raib dari para penganjur dan penggiat budaya lokal di sini!
Watak feodal dan diskriminatif bahasa dan budaya Sunda yang dikecam seorang pewarisnya yang kritis di atas tentu saja bukan entitas yang unik. Pada bahasa dan budaya Jawa, feodalisme dan diskriminasi itu malah boleh jadi mencapai puncaknya. Dalam sebuah tulisannya yang terbit hampir 20 tahun lampau, Berjangkitnya Bahasa-Bangsa di Indonesia (Prisma 1, 1989: 3–16), dengan setengah berolok-olok Ariel Heryanto juga menunjuk gelar raja-raja Jawa sebagai wujud paling benderang dari watak ekslusif, elitis, dan tertutup itu.
Bersandar pada pendapat Raymond Willians yang menempatkan bahasa sebagai “gambaran tata-dunia penuturnya”, sembari memanfaatkan studi Benedict Anderson tentang raja-raja Jawa abad XVIII–XIX, gelar-gelar seperti Paku Buwono (“Paku Jagat Raya”) atau Hamengkubuwono (“Pemangku Jagat Raya”) dinilai Ariel Heryanto sebagai sejenis “keluguan” para raja Jawa yang sekaligus menunjukkan ketertutupan dan eksklusivisme. Padahal siapa pun tahu, kata Ariel Heryanto, ilusi tentang wilayah kekuasaan yang “seluas jagat raya” itu terpatahkan dengan sendirinya jika melihat “ibu kota penguasa jagat” yang satu (Surakarta) hanya terpisah sekitar 70 kilometer dari “penguasa jagat” lain yang menjadi saingannya (Yogyakarta).
Sampai di sini, pemilihan bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan oleh para pemuda 80 tahun yang lampau itu tidak diragukan lagi sebagai sebuah pilihan cerdas dan visioner. Pilihan tepat atas sebuah bahasa berwatak egaliter yang selanjutnya menjadi bahasa Indonesia dengan paradigmanya yang secara sosiologis, dalam kata-katanya Mochtar Pabottingi (Prisma 2, 1991: 23), “ditentukan oleh ciri laut, pantai, dan pasar yang selama berabad-abad hingga kini selamanya ditandai dengan internasionalitas”.
Begitulah, laut, pantai, dan pasar telah menjadi ranah di mana bahasa Melayu menjadi sebuah lingua franca yang bertemu dengan pelbagai bahasa dan bangsa lain sebelum kolonialisme Belanda mulai menancapkan kuku-kuku monopolinya. Sebab itu, sungguh sangat masuk akal penolakan Sultan Hasanuddin saat ia dipaksa menyetujui nafsu busuk Belanda menjadi satu-satunya bangsa yang diperkenankan berdagang di perairan Makassar. Karena di mata Sang Sultan, demikian kesimpulan Anthony Reid yang juga dirujuk Mochtar Pabottingi, laut adalah internasionalitas itu sendiri.
Ringkasnya, dengan egaliterisme yang dikandung bahasa Melayu dan secara sosiologis ditopang empat watak lingkungannya yang barusan disebut itulah bahasa Indonesia kemudian tumbuh menjadi bahasa yang terbuka. Sifat egaliter dan terbuka (dalam proses “menjadi”) bahasa Indonesia yang ditopang gerakan kebangsaan yang juga berwatak egaliter sekaligus terbuka. Di titik ini pula tepatlah mengatakan “bahasa” dan “bangsa” merupakan sebuah “proyek yang belum selesai”, sebuah “proyek yang terus menjadi”.
Sayang, raison d’etre yang mendasari pemilihan bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan maupun watak egalitarianisme yang membalut semangat kebangsaan-awal itu hari-hari ini layak dicurigai keberadaannya. Gejala eufemisme (seperti dilansir Ignas Kleden, 1987: 248–258) atau kramanisasi bahasa Indonesia (seperti dibeberkan Ben Anderson, James Siegel, dan Savitri Scherer dalam Mochtar Pabottingi, 1991), di satu sisi; dan (mulai) melapuknya bangunan kebangsaan seperti kerap disebut-sebut dalam hampir semua perhelatan politik nasional akhir-akhir ini, di sisi lain; tentu saja merupakan kabar buruk yang membuat tidak nyenyaknya tidur siapa pun yang masih merasa belum kehilangan semangat Sumpah Pemuda 1928 itu.
Untuk “nasib” bahasa Indonesia hari ini, selain bisa menengok bahasa yang digunakan para pesohor di televisi, kita pun dengan sangat mudah memergoki pelbagai eufemisme, “penghalusan” (pengaburan makna?) dalam kata-kata “diamankan” (untuk ditahan, ditangkap) atau “disesuaikan” (untuk “dinaikkan”), serta gejala kramanisasi bahasa Indonesia di tangan para penutur bahasa Jawa yang hasilnya, kata Ben Anderson, bahasa kebangsaan itu telah masuk dalam perangkap “imaji orang Jawa tentang politik” (Mochtar Pabottingi, 1991).
Sedangkan untuk proses pelapukan ruh kebangsaan yang diwariskan para pendiri Republik ini, konflik politik beraroma etnik pasca-Reformasi di banyak daerah, terancamnya kepelbagaian budaya (multikulturalisme yang cenderung tidak menjadi berkah lagi), pembajakan demokrasi oleh segelintir elite politik, pengabaian dan kian lenyapnya hak-hak dasar setiap warga negara ditelan gemuruh retorika politik kosong, hingga impase kepemimpinan yang tengah jadi isu hangat adalah puncak gunung es belaka dari layunya semangat kebangsaan itu.
***
Akhirnya, di tengah kepungan kabar buruk yang datang bertubi-tubi seputar perjalanan negara-bangsa yang menunjukkan betapa buramnya paras kebangsaan kita akhir-akhir ini jika kita taruh di hadapan beningnya cermin kebangsaan yang dianggit dan digagas para pemuda 80 tahun lalu itu, barangkali ada baiknya kita selalu menyelipkan ikhtiar untuk–betapapun kecilnya upaya itu–selalu membeliakan semangat kebangsaan yang dirangkum dalam pekik “satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa” itu.
Ya, kita memang harus selalu meruwat semangat kebangsaan kita. Dengan, antara lain, merawat sepenuh hati bahasa kebangsaan kita, tentunya. Bukan merusaknya.
*) Damanhuri, Penulis tinggal di Bandar Lampung
Dijumput dari: http://cabiklunik.blogspot.com/2008/10/opini-merawat-bahasa-meruwat-bangsa.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
A Rodhi Murtadho
A. Anzib
A. Azis Masyhuri
A. Mustofa Bisri
A. Qorib Hidayatullah
A. Riyadi Amar
A. Yusrianto Elga
A.H. J Khuzaini
A.J. Susmana
A.S Laksana
Abd. Basid
Abdul Azis Sukarno
Abdul Hadi W.M.
Abdul Kirno Tanda
Abdul Wachid B.S
Abdurrahman Wachid
Abdurrahman Wahid
Abimardha Kurniawan
Abu Salman
Acep Iwan Saidi
Acep Zamzam Noor
Achmad Sunjayadi
Adek Alwi
Adi Faridh
Adian Husaini
Adreas Anggit W.
Adrizas
Afrizal Malna
Agama Para Bajingan
Agni Rahadyanti
Aguk Irawan M.N.
Agus Aris Munandar
Agus B. Harianto
Agus Bing
Agus Buchori
Agus R. Sarjono
Agus Sulton
Agus Sunyoto
AH J Khuzaini
Ahda Imran
Ahid Hidayat
Ahmad Fanani Mosah
Ahmad Fatoni
Ahmad Hartanto
Ahmad Kekal Hamdani
Ahmad Muhli Junaidi
Ahmad Naufel
Ahmad Suhendra
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Ahsanu Nadia
Aini Aviena Violeta
Airlangga Pribadi
Ajip Rosidi
Akbar Ananda Speedgo
Akhmad Sekhu
Akhmad Sofyan Hadi
Akhmad Taufiq
Akhudiat
Akmal Nasery Basral
Alam Terkembang
Alang Khoiruddin
Aldila Avrikartika
Alfred Tuname
Ali Audah
Ali Soekardi
Amien Wangsitalaja
Andhi Setyo Wibowo
Andi Andrianto
Andong Buku #3
Andry Deblenk
Angela
Anggota FSL
Anggraini Lubis
Anindita S Thayf
Anis Ceha
Anjrah Lelono Broto
Anton Bae
Anton Kurnia
Anton Kurniawan
Anton Septian
Anwar Nuris
Any Rufaidah
APSAS (Apresiasi Sastra)
Arafat Nur
Ari Saputra
Ariany Isnamurti
Arie Yani
Arief Junianto
Arifin Hakim
Arim Kamandaka
Arina Habaidillah
Armada Riyanto CM
Arman A.Z.
Arswendo Atmowiloto
Arti Bumi Intaran
Arwan
Arysio Santos
AS Sumbawi
Asarpin
Asep Sambodja
Atafras
Atmakusumah
Awalludin GD Mualif
Aziz Abdul Gofar
Babad Nuca Nepa
Babe Derwan
Badrut Tamam
Bagus Takwin
Bahrul Ulum A. Malik
Balada
Bale Aksara
Bambang Kempling
Bambang Kuncoro
Bambang Satriya
Bambang Sugiharto
Bandung Mawardi
Banyuwangi
Bengawan Solo di Karanggeneng
Beni Setia
Benny Benke
Bentara Budaya Yogyakarta
Berita
Berita Duka
Berita Koran
Berthold Damshauser
Binhad Nurrohmat
Biografi
Blambangan kuno
Bonari Nabonenar
Brunel University London
Budaya
Budi Darma
Budi P Hatees
Budiawan Dwi Santoso
Bujang Tan Domang
Bung Tomo
Capres dan Cawapres 2019
Catatan
Cerbung
Cerkak
Cerpen
Chairil Anwar
Chamim Kohari
Chavchay Syaifullah
CNN Indonesia
D. Dudu AR
D. Zawawi Imron
Dahlan Kong
Damanhuri
Damhuri Muhammad
Dami N. Toda
Damiri Mahmud
Daniel Paranamesa
Danilo Kis
Danuji Ahmad
Darju Prasetya
Darmanto Jatman
David ZA
Dea Anugrah
Dedi Pramono
Deni Jazuli
Denny Mizhar
Desiana Medya A.L
Dewan Kesenian Lamongan (DKL)
Dian
Diana A.V. Sasa
Didin Tulus
Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan
Diskusi buku
Djibril Muhammad
Djoko Pitono
Djoko Saryono
Djulianto Susantio
Dody Yan Masfa
Dom Dinis
Donny Syofyan
Dorothea Rosa Herliany
Dwi Arjanto
Dwi Cipta
Dwi Fitria
Dwi Kartika Rahayu
Dwi Pranoto
Dwi S. Wibowo
Dwidjo U. Maksum
Edeng Syamsul Ma’arif
Edi Purwanto
Edith Koesoemawiria
EH Ismail
Eidi Krina Jason Sembiring
Eka Budianta
Eka Fendri Putra
Eka Kurniawan
Eko Endarmoko
Eko Nuryono
Elin Yunita Kristanti
Ellyn Novellin
Elnisya Mahendra
Em Syuhada’
Emha Ainun Nadjib
Eny Rose
Eriyanti
Esai
Evan Ys
Evieta Fadjar
F Rahardi
Fahrudin Nasrulloh
Faisal Kamandobat
Fakhrudin Aris
Fanani Rahman
Fariz al-Nizar
Faruk
Fatah Anshori
Fatah Yasin Noor
Fauzan Al-Anzhari
Fazabinal Alim
Felix K Nesi
Ferdiansyah Thajib
Festival Sastra Gresik
Festival Teater Religi
Forum Santri Nasional
Forum Sastra Lamongan
Furqon Lapoa
Galuh Tulus Utama
Ganug Nugroho Adi
Gde Artawan
Gede Mugi Raharja
Gerakan Surah Buku (GSB)
Gerson Poyk
Gito Waluyo
Goenawan Mohamad
Gola Gong
Grathia Pitaloka
Gugun El-Guyanie
Gunoto Saparie
Gus Ahmad Syauqi Ma'ruf Amin
Gus Dur
H.B. Jassin
Haaretz
Hadi Napster
Halim HD
Hamberan Syahbana
Hamdy Salad
Hamzah Fansuri
Haris del Hakim
Haris Saputra
Harri Ash Shiddiqie
Harry Susilo
Hartono Harimurti
Hasan Junus
Hasnan Bachtiar
Hawe Setiawan
Henri Nurcahyo
Hepi Andi Bastoni
Heri CS
Heri Latief
Heri Listianto
Heri Santoso
Hermien Y. Kleden
Hernadi Tanzil
Herry Lamongan
Heru CN
Heru Joni Putra
Hikmat Gumelar
Hilmi Abedillah
Hudan Hidayat
I Made Prabaswara
I Nyoman Darma Putra
I Nyoman Suaka
Ibnu Rusydi
Ibnu Wahyudi
IGK Tribana
Ignas Kleden
Ignatius Yunanto
Imam Muhayat
Imam Nawawi
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Indra J. Piliang
Indra Tjahjadi
Indra Tranggono
IPNU Kabupaten Lamongan 1955
Isbedy Stiawan Z.S.
Iskandar Noe
Iwan Kurniawan
Iwank
Jadid Al Farisy
Jafar Fakhrurozi
Jalan Raya Simo Sungelebak
Jamal D Rahman
Jamaluddin Mohammad
Jamrin Abubakar
Jauhari Zailani
Javed Paul Syatha
Jean Couteau
Jiero Cafe
Jihan Fauziah
JJ. Kusni
Jo Batara Surya
Joao Ruiz De Castelo Branco
Johan Khoirul Zaman
John Halmahera
John Sinartha Wolo
Joko Budhiarto
Joko Pinurbo
Joko Sandur
Joko Widodo
Jual Buku
Jual Buku Paket Hemat
Jurnalisme Sastrawi
Jusuf AN
K.H. Anwar Manshur
K.H. Ma'ruf Amin
Karanggeneng
Kasnadi
Katrin Bandel
Kemah Budaya Panturan (KBP)
Khoshshol Fairuz
Ki Ompong Sudarsono
Kingkin Puput Kinanti
Kirana Kejora
Komplek Gor Kamantren Paciran Lamongan
Komunitas Deo Gratias
Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias
Komunitas Perupa Lamongan
Komunitas Sastra Ilalang Indonesia (KSII)
KOSTELA
Kritik Sastra
Kukuh S Wibowo
Kukuh Yudha Karnanta
Kurnia EF
L. Ridwan Muljosudarmo
Laksmi Sitoresmi
Lamongan
Lamongan 1916
Larung Sastra
Lathifa Akmaliyah
Leila S. Chudori
Leo Tolstoy
Lina Kelana
Linda Christanty
Liza Wahyuninto
Loe Lan Ing
Lukisan Rengga AP
Lukman Santoso Az
Lutfi Rakhmawati
Lynglieastrid Isabellita
Lysander Kemp
M Anta Kusuma
M. Aan Mansyur
M. Harir Muzakki
M. Latief
M. Lubabun Ni’am Asshibbamal S.
M. Lukluk Atsmara Anjaina
M. Lutfi
M. Raudah Jambak
M. Yoesoef
M.D. Atmaja
Mahamuda
Mahendra Cipta
Mahmud Jauhari Ali
Majelis Sastra Asia Tenggara
Makalah Tinjauan Ilmiah
Mala M.S
Malam Apresiasi Seni Tanahmerah Ponorogo
Maman S. Mahayana
Manneke Budiman
Mardi Luhung
Margita Widiyatmaka
Marhalim Zaini
Mario F. Lawi
Marsi Ragaleka
Martin Aleida
Martin Lings
Masdharmadji
Mashuri
Mathori A Elwa
Matroni Muserang
Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia
MG. Sungatno
Mh Zaelani Tammaka
Misbahus Surur
Mochtar Lubis
Mohammad Eri Irawan
Muafiqul Khalid MD
Mudjia Rahardjo
Muh Syaifullah
Muhajir Arifin
Muhamad Rifai
Muhammad Al-Fayyadl
Muhammad Alimudin
Muhammad Aris
Muhammad Muhibbuddin
Muhammad Rain
Muhammad Taufiqurrohman
Muhammad Wava Al-Hasani
Muhammad Yamin
Muhammad Yasir
Muhammad Zuriat Fadil
Muhammadun A.S
Mujtahid
Mujtahidin Billah
Mulyadi SA
Mulyosari Banyuurip Ujungpangkah Gresik
Musfi Efrizal
Muslim Kasim
Musyafak
Nadhi Kiara Zifen
Nafi’ah Al-Ma’rab
Nailunni’am
Naqib Najah
Naskah Teater
Nasrullah Thaleb
Nawa Tunggal
Nevatuhella
Nezar Patria
Nina Mussolini-Hansson
Nirwan Ahmad Arsuka
Nirwan Dewanto
Nitis Sahpeni
Nizar Qabbani
Noor H. Dee
Noval Jubbek
Novel
Nunung Nurdiah
Nurel Javissyarqi
Nurjanah
Nurul Anam
Nurul Hadi Koclok
Nurul Komariyah
Nuryana Asmaudi
Obrolan
Octavio Paz
Olivia Kristina Sinaga
Orasi Budaya Akhir Tahun 2018
Pablo Neruda
Pagelaran Musim Tandur
Pawang Surya Kencana
PC. Lesbumi NU Babat
PDS H.B. Jassin
PDS HB Jassin
Pesantren Tebuireng
Petrus Nandi
Philipus Parera
Pipiet Senja
Plato
Pramoedya Ananta Toer
Pratono
Pringadi AS
Priyatna Abdurrasyid
Prof Dr Faisal Ismail MA
Prosa
Puisi
Puji Santosa
Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin
Pustaka Ilalang
PUstaka puJAngga
Putu Fajar Arcana
Putu Wijaya
R Toto Sugiharto
Radhar Panca Dahana
Rahmat Sularso Nh
Raihul Fadjri
Raja Ali Haji
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Ramadhan Batubara
Ranang Aji SP
Ratnaning Asih
Ratno Fadillah
Raudal Tanjung Banua
Raudlotul Immaroh
Redland Movie
Reiny Dwinanda
Rengga AP
Resensi
Reuni Mts Putra-Putri Simo Sungelebak 1991-1992
Rheza Ardiansyah
Riadi Ngasiran
Ribut Wijoto
Ridwan Munawwar Galuh
Riki Dhamparan Putra
Riki Utomi
Rinto Andriono
Riris K. Toha-Sarumpaet
Risang Anom Pujayanto
Riyadhus Shalihin
Riyon Fidwar
Robin Al Kautsar
Rodli TL
Rojiful Mamduh
Romi Zarman
Rosihan Anwar
Roso Titi Sarkoro
Rudy Polycarpus
Rumah Budaya Pantura (RBP)
Rx King Motor
S Yoga
S. Jai
S.W. Teofani
Sabine Mueller
Sabrank Suparno
Sahaya Santayana
Saifur Rohman
Sainul Hermawan
Sajak
Salamet Wahedi
Samin
Samsudin Adlawi
Sanggar Pasir
Sanggar Rumah Ilalang
Sapardi Djoko Damono
Saparinah Sadli
Sartika Dian Nuraini
Sarworo Sp
Satmoko Budi Santoso
Satriani
Satriwan
Satyagraha Hoerip
Saut Situmorang
Sayyid Fahmi Alathas
Sejarah
SelaSastra #24 di Boenga Ketjil Jombang
SelaSastra Boenga Ketjil
Seno Gumira Ajidarma
Seno Joko Suyono
Septi Sutrisna
Sergi Sutanto
Setia Naka Andrian
Shinta Maharani
Shiny.ane el’poesya
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Sita Planasari A
Siti Khoeriyah
Siti Muyassarotul Hafidzoh
Siti Sa’adah
Sitor Situmorang
Siwi Dwi Saputro
Siwi Tri Puji B
Sjifa Amori
Sofian Dwi
Sofyan RH. Zaid
Solihin
Solo Exhibition Rengga AP
Soni Farid Maulana
Sony Prasetyotomo
Sri Wintala Achmad
Sri Wulan Rujiati Mulyadi
St Sularto
Stefanus P. Elu
Suci Ayu Latifah
Sudartomo Macaryus
Sugiarta Sriwibawa
Sugiarto
Sujatmiko
Sunaryono Basuki Ks
Sungatno
Sunlie Thomas Alexander
Sunu Wasono
Suripto SH
Surya Lesmana
Suryadi
Suryanto Sastroatmodjo
Susianna
Sutamat Arybowo
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Syamsudin Walad
Syi'ir
Sylvianita Widyawati
Syu'bah Asa
TanahmeraH ArtSpace
Tarmuzie
Taufiq Ismail
Taufiq Wr. Hidayat
Teguh Setiawan
Teguh Winarsho AS
Temu Penyair Timur Jawa
Tengsoe Tjahjono
Th Sumartana
Thales
Theo Uheng Koban Uer
Timur Budi Raja
Titik Alva-Alvi Choiriyah
Tjahjono EP
Tjahjono Widarmanto
To Take Delight
Toko Buku Murah PUstaka puJAngga Lamongan
Tomas Transtroemer
Tosa Poetra
Toto Gutomo
TS Pinang
Tu-ngang Iskandar
Udo Z. Karzi
Ulil Abshar-Abdalla
Umar Fauzi Ballah
Umar Kayam
Umbu Landu Paranggi
Universitas Indonesia
Universitas Jember
Usman Arrumy
Uwell's King Shop
Uwell's Setiawan
Viddy AD Daery
Virdika Rizky Utama
W. Haryanto
W.S. Rendra
Wahyu Awaludin
Warih Wisatsana
Waskiti G Sasongko
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Wemmy Alfadhli
Wicaksono
Widya Oktaviani
Wina Bojonegoro
Wingko Legendaris dari Babat-Lamongan
Wisnu T Hanggoro
Wowok Hesti Prabowo
Y Alprianti
Y. Wibowo
Yani Arifin Sholikin
Yanto Musthofa
Yasraf Amir Piliang
Yayat R. Cipasang
Yohanes Padmo Adi Nugroho
Yohanes Sehandi
Yok’s Slice Priyo
Yoks Kalachakra
Yona Primadesi
Yoram Kaniuk
Yunit Permadi
Yusi A. Pareanom
Yusri Fajar
Yuval Noah Harari
Yuyun Ifa Naliah
Zaim Rofiqi
Zainal Arifin Thoha
Zaki Zubaidi
Zawawi Se
Zehan Zareez
Zen Rachmat Sugito
Tidak ada komentar:
Posting Komentar