Nurel Javissyarqi *
http://sastra-indonesia.com
Sudah lama saya tidak menulis, Bismillah…
Tanggal 15 Juli 2012 saya membedah salah satu karyanya penulis ini (Penakluk Badai; novel biografi KH. Hasyim Asy’ari) tanpa makalah (lantaran informasi kepada saya mendadak, dan di hari itu juga mengisi acara di kampus STITAF, Siman, Sekaran, Lamongan, dengan makolah bertitel “Pendidikan; Prospek Pembentuk Karakter Budaya”, untunglah jadwal waktunya tidak bertabrakan; pagi hingga siangnya di Pesantren Sunan Drajad, siangnya sampai sore di kampus). Dan 14 Mei 2014 kini membedah bukunya yang saya singkat Paus, sebagaimana perpendekan dari judul bukunya, di Pesantren Putri al-Fathimiyah, Banjarwati, Paciran, sebelah baratnya Pesantren Sunan Drajad, Lamongan (tempat bedah novelnya). Ia dapat dibilang produktif, sudah puluhan buku lahir atas jemari tangannya, ia pun putra terbaik Mbah Lamong yang pernah menimba keilmuan di Mesir. Bagi saya, ia penulis yang berjalan di jalur lurus, apapun dirinya kenyam; pengalaman hidup, pembacaan hayat, penafsiran buku-buku yang dipejarinya demi mengukuhkan iman sekaligus bersyiar menegakkan panji-panji kebenaran yang diyakini, pendek kata tidak sastrawan asal-asalan. Ini melayangkan ingatan pada bakal buku saya yang menohok mereka kelak, yang sukanya tanpa penyelidikan dalam penelusuran jauh, bagi jawabannya; Insyaallah akan terbit di tahun ini “Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia,” yang mungkin sama satu sisi atas buku dibedah kali ini; membongkar borok nalar jahiliah, kemudian memekarkan harum kembang akidah Islamiyah, bagi para penulis muslim yang kangen memasuki alam sastrawi, amin.
Buku Paus karya penulis ganteng itu menambah perbendaharaan bagi bangunan susastra di Nusantara, setidaknya memberi peringatan agar mereka tidak lepas kendali dengan membaca sejarah; yang mengsle sepatutnya dibetulkan, yang bengkok seyogyanya diluruskan. Berhubung belum membaca atau buku tersebut belum berada di tangan, jadi mengalir saja. Saya peroleh kabar judulnya Paus dari panitia, saat perjalanan hari Jum’at 9 Mei 2014, antara Ponorogo-Lamongan, tepatnya jalan tembus Nganjuk-Ploso, tidak melewati kota Jombang. Laku ini; pembacaan sebelum kejadian, mengingatkan saya kepada santri Gebang Tinatar Tegalsari, Ponorogo, R.Ng. Ronggowarsito yang menjawab surat lawan bicaranya tanpa baca layangnya terlebih dulu, atau menanggapi perkara yang sedang akan terjadi. Sebelum menembus Paus, sekali lagi sudah lama tidak menulis, jadi perlu mengulas balik perjalanan diri, kalau pun ingatan ialah sejarah. Alhamdulillah dari bulan Mulud sampai di dalam Rajab tahun ini, saya sudah rampung mengeditori karya guru saya KH. A. Aziz Masyhuri, yang bertitel “Ensiklopedia Tarekat dalam Tasawuf” yang dipengantari Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Said Aqil Sirad, dan Martin van Bruinessen, atau telah lama tidak merambahi dunia sastrawi dengan ketekunan seajek masa lalu, ini melayangkan rekaman tatkala mengisi acara di kota Malang bulan lalu, syukurlah serpihan ingatan itu layaknya kembali oleh dibantu pembanding saya yang setia mengamati perkembangan sastra, ia juga penulis esai, peneliti kebudayaan, sekaligus penyair yang duduk sebagai dosen di UIN Malang, yakni Misbahus Surur, di kota Apel tersebut pula bertemu sastrawan Denny Mizhar, lantas ingatan-ingatan itu kini kembali segar bugar, maka sepatutnya catatan ini diteruskan.
Mungkin buku Paus semacam penjabaran meluas sedari titik esainya Aguk yang pernah membedah karya saya, jika diri ini keterlaluan, esainya “Menimbang Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (SCB) dari buku Nurel: Menggugat Tanggungjawab Kepenyairan” (dibedah di Pusat Kebudayaan Indonesia-Belanda “Karta Pustaka,” Jl. Bintaran Tengah 16 Yogyakarta, 21 Juli 2011) yang embrionya kalau tidak keliru sudah ditulisnya di Koran Republika, sebelum buku saya terbit. Setelah membuka google, data buku Paus berisikan esai-esai budaya dan agama, cetakan I, 2013, x + 434 hlm; 15 cm x 23 cm, penerbit Jalasutra, Yogyakarta. Sepintas laksana betul terbilang pada (kutipan) pengantar bukunya berikut ini: “Buku ini merupakan karya suntingan dengan beragam tajuk yang kami pilih dan kumpulkan. Sebagian besar berbentuk esai-esai ringan yang sudah dipublikasikan di pelbagai koran, baik nasional maupun daerah, serta majalah-majalah dan jurnal. Sebagian lain berbentuk makalah yang kami sampaikan dalam kesempatan seminar dan diskusi di tingkat nasional maupun lokal. Dan sebagian lagi berbentuk makalah ilmiah, sebagai tugas belajar di bangku program Pasca Sarjana selama kuliah di UIN Sunan Kalijaga.”
Kini waktunya saya bercuap-cuap; sejarawan Karen Armstrong yang menulis buku “Muhammad, a Biography of the Prophet” menyebutkan di buku itu “Puisi ialah pusat kehidupan politik Arab” yang sebelumnya mengunggah puisinya Ka’b ibn Asyraf, seorang penyair Yahudi dari klan Nadir yang pergi ke Makkah dan mulai menulis syair menghasut, demi mendesak suku Quraisy merapatkan barisan melawan Muhammad serta membalas dendam, bunyi syairnya: Wahai bumi tatkala nyawa mereka malayang // Telah terbelah dan menelan manusia// Dialah yang menyebarkan kisah yang merasuki // atau hidup ketakutan, buta dan tuli. Syair di masa itu khususnya (di Arab) dan pada umumnya sekarang (di Indonesia), maksud saya yang berbobot memiliki daya pamor tak sekadar nalar juga rasa, pula sejarah yang melingkupinya, tak cuma menggerakkan jiwa pun mampu merasuki ruh-ruh pendengarnya, hingga mental tanggung mudah dilahap rayuannya, dibakar semangat belianya ke lembah-lembah kegelapan maupun sebaliknya sanggup mengangkat ke derajad tertinggi, terus membagi pencerahan bagi indra-indra dipersaksikan di atas bukit kebenaran yang dilantunkan. Namun kini laksana jauh dari bukti (realitas), semacam mimpi di siang bolong kalau hendak mengamini paragraf ini, tapi perlulah dipetik bagaimana para penyair yang hidup di Tanah Air kini, kebanyakan mereka berlatih menyusun kata-kata indah yang tidak berasal dari laku hidupya, bersibuk menyuntuki jasadiah teks, dan tidak beranjak sedari mana kata-kata hadir lalu mengembara, seperti para pelajar berlatih membuat puisi lantas disenggang waktu dikumpulkan di meja redaksi untuk dikoreksi, disortir mengenai dimuat-tidaknya di halaman koran atau majalah, tujuannya membuat puisi/sajak menawan, runutan kalimatnya kuat sebab berkali-kali dibenahi, menambal lubang-lubang kelemahan ditutupi dengan ketekunan berulang, ketundukan pada nafsu ingin diakui. Syair-syair itu kelak jadi timbunan sampah kertas yang membuat orang-orang malas membacanya, karena geguratannya dari pembelajaran atas keinginan menulis kalimat indah, yang kerap terlepas dari pembacaan karya para leluhur, atau kehadirannya tidak mewakili suara musim-musim menaungi bangsanya hadir serta tumbuh di dunia ini. Bagaimana mampu membuat karya mempuni, jikalau dalam kehidupannya sehari-hari jarang merenungi di tengah wengi menginsyafi lelangkah kaki kembaranya, tak sekadar ayunan ingatan di atas bacaan yang mengisari, mereka jarang menyendiri demi peroleh inti daripada perjuangan panjang bangsanya, seakan melupa merambahi leladang kesadaran insani untuk menghaturkan kesaksian dari beningnya malam pertiwi, demi dipersembahkan pada siang pengorbanan, mereka terlelap kesibukan membuat menara gading yang pasti retak ambruk menimpahi wewaktunya jadi kesia-siaan merenggut usianya, lantaran tidak menelaah gerak terdalam hakikat hidup seirama kata-perbuatan, selaras laku-keyakinan, seimbang membaca perubahan, serasi denyutan jiwanya naik-turun semelodi angin bertiup menghidupi pepohonan, suburkan mata air pegunungan, serta mengharumkan kembang-kembang peradaban.
Buku Paus saya kira menghidangkan santapan lezat bagi yang ingin berjalan di landasankebenaran; mengetengahkan keindahan santun, memiliki rerujukan dari bebidang disorotinya serta diramu menjelma formula tidak sekadar jitu, juga perluas kewaspadaan perasaan insani; pembacanya saat menyusuri arus besar yang disandang karya tersebut. Menyuguhkan penerang bahwa karya sastra tidak beraneh-aneh, dan gagasan kesastrawiannya bukan bermula dari keblingeran ingin dianggap nyeleneh, tetapi berawal hati teguh iman, penalaran kuat, menghayatan dalam, bukan rakitan apalagi akrobatik kata laksana sulapan. Karya-karya Aguk; novel, esai, cerpen pula puisinya, sedari pembacaan jati dirinya di tengah-tengah pergolakan jamannya, mengudar hidupnya demi memantabkan keyakinan, membentangkan hasil bumi penyelidikannya, dengan langkah pelahan terus mempelajari apa yang patut ditopang, dan menghempaskan yang perlu ditinggalkan. Sekadar menyebut nama pengarang karya sastra yang diilhami ruhaniah Qur’ani, Jalaluddin Rumi dengan Diwan-i Syams-i Tabriz-nya, kitab At-Thawasin karya al-Hallaj, masuk ke dataran Tanah Air di Serambi Mekkah (Aceh) bertebaran karya-karya Hikayat Perang Sabil (HPS), ada yang bersumber dari kitab Mukhtasar Muthiri’I-gharam disusun Syaikh Ahmad Ibn Musa, kitab Tadkhiratal-Radikin (1890) atas Tgk. Chik Kutakarang, ada juga HPS (1834) sedari karangan ulama besar Syaikh Abd al-Samad (Abussamad) al-Falimbani (Palembang), pula HPS yang disusun Teungku Putroe, permaisuri Sultan Muhammad Daud Syah. Kalau menyimak para penyair di masa Rasulullah SAW, semisal Hasan bin Tsabit, Ibnu Rawahah, lebih jauh dapat dibaca di buku Paus. Para beliau mengarang karya sastra bukan semata ingin dikenal sebagai sastrawan, tetapi lewat sentuhan langgam kesusastraan, berharap para pembacanya memahami yang sejatinya diperjuangkan dalam sekelumit usianya, beliau mengurai tahap kecintaannya kepada Allah SWT dengan tidaklewar dari perangai menawan di atas kilatan cahaya kitab suci, segala sumber pencapaian para pendahulu dipelajari, dipadukan pencarian pribadinya terhadap keindahan suci. Para beliau memantabkan iman bukan oleh penalaran saja, juga pergulatan goda dalam wewaktu peribadatannya, bersunyi-sepi menapaki tangga hidup nur pengetahuan, membaca segenap perubahan, menyimak bebentuk rayuan lembut, mengenal dalam fitroh manusia atas makolah para sahabat nabi, para imam, para mufassir dll, kesemuannya dikandung dalam kurungan masa kehidupan di dunia, yang sebagian terlahir dalam karya-karya besarnya dan kita mengenalnya.
***
Barusan panitia acara telepon, kalau bukunya akan sampai besok sore di Stasiun Semut, Surabaya, jadi masih ada kesempatan membaca barang sehari-semalam sebelum melanjutkan. Olehnya sambil menunggu akan diunggah tulisan saya yang dulu di status facebook mengenai alam di Ponorogo, menimang-nimang tak membuang yang pernah lewat dan tercatatkan: diam-diam saya melangkah dengan kata-kata lirih pelahan, agar pepohon tetap bergoyang dengan nadanya, rerumputan senantiasa khusyuk dalam dekapan, dan sinar mentari menerobos celah dedaunan tanpa bimbang. Lalu apa yang tersentuh lewati jemari menjadi kelembutan pemahaman, hingga cecabang penalaran serta kilatan-kilatan hati dalam mendiaminya, tidak lepas tali kekangan. Sedari sentuhan itu, andai menemui hikmah, tiada lain semoga pembaca yang lebih segalanya daripada saya, turut berkenan menghadiahi hembusan doa, agar kelak melangkah pada titian panjang, seirama untaikan kata mutiara HOS. Tjokroaminoto, “Setinggi-tinggi ilmu, semurni-murni tauhid, sepintar-pintar siasat.” Di joresan Mlarak, sekitar satu kilo meter dari Gebang Tinatar Tegalsari, Jetis, ke arah timur matahari, dimana alamnya cantik rupawan, musim tanam padi mulai tumbuh lembut menghampar luas dikelilingi pebukitan dari kejauhan, dalam suasana kejujuran tropis itu, saya bagaikan lumpur berhasrat membuka tirai-tirai jendela, guna seluruh pandangan, segenap kesaksian malam-siang, tidak sekadar dilewati roda jaman, masa yang cepat aus, waktu terlanjur menepi, juga memiliki bekas cukup pantas dikenang sekaligus dilestarikan dalam untaian karangan munajad pembaca yang menjelma mata rantai sholawat ke suluruh semesta lahir-batin, mengisi antariksa jagad alit pula besar, demi persaudaraan langgeng di dunia pula di akhirat.
***
Dan saya baca buku Paus meski selintas, jika ini kritik sewujud berlari serampangan, kalau dianggap begitu tak masalah, Aguk bisa membalas kritiknya nanti pada buku saya selanjutnya, dan umpama dikira saran, puji syukur Alhamdulillah. Pembacaan saya dari halaman 3 sampai 176, dari esai “Binhad Nurrohmat dan kembalinya unsur Sastra Jahiliyah” hingga “Perihal tersingkirnya Puisi dari Industri Buku.” Dalam lintasan baca segerak cepat saya peroleh nada-nada kecenderungan diulang, atau kekisah sama diulas balik untuk memperkuat yang dikritisi dan memang itu tak mengapa, namun mengurangi keindahan. Mungkin perihal tersebut dikarena tuntutan media yang dikirimi karyanya, nan perlu gerak cepat jua untuk menuliskannya, di sini saya tidak mengalami keterhambatan membaca meski segerakan kilat, atau tidak terbata-bata seperti Aguk baca buku tipis saya yang dulu melihat (anggapannya) saya dalam keadaan terbata-bata dalam menuliskannya (esai Aguk mengenai buku saya pun ada di buku Paus). Beberapa kali saya pelajari polemik yang menghiasi media massa, nyata kurang memiliki perenungan dalam, seolah melupa bahwa penulis sudah mengetengahkannya, pahadal ketika tampil jadi bendelan buku, sangat kentara pengulangannya. Atau esai-esai di buku Paus, serasa hampir sama cara penyajiannya dengan bebuku kumpulan esai yang ditulis para kritikus sastra di Indonesia, yakni himpunan dari beberapa kasus yang ditulis di media cetak pun yang diadakan dalam wewaktu acara diskusi. Pengulangan di beberapa tempat (esai), semisal kisah penyair jahiliyah al-Qois yang nasibnya jadi gelandangan terluta, keagungan penyair muslim Ibnu Rawahah di hadapan kanjeng Nabi Muhammad SAW, dukungan penulis pada Najib Kaelani dst, namun secara garis besar Aguk punya peta penalaran jelas atau kritiknya tegas, mana yang harus disentil (Binhad Nurrohmat), sekadar disenggol (Damhuri Muhammad), disowahi(Hamid Jabbar) dipertanyakan (Taufik Ismail), yang dikritisi (Maman S Mahayana), dan sastra ngeseks dibantai habis. Tetapi sayangnya (mungkin ini hanya ungkapan saya saja) Aguk tetap mengakui Chairil Anwar sebagai pentolan, tidak mengkritik tegas mental si binatang jalang yang menjiplak lalu diperhalus HB. Jassin jadi penyadur di beberapa puisinya, pun tidak mengamati arus kecil mengisarinya yang tak pantas disebut pelopor di masanya. Selebihnya buku ini memikat, karena tidak banyak kritikus di Indonesia yang mengulas jauh alam kesusastraan di jazirah Arab, bisalah dibuat pegangan bagi yang mau memasuki dunia sastra Islam, atau buku Paus menambah wawasan serta sedikit-sedikit dapat memperteguh pengetahuan, tentunya sambil menyinauhi dalam-meluas apa saja yang Aguk sampaikan, agar benar-benar kepada pemahaman tersendiri.
Halaman 179 ke 400, Aguk memperlebar ayunan jala pemikirannya, tak melulu dalam negeri, jua bersangkut kepada para pemikiran luar yang akrab dengan jemari kekinian; menyapa dekat Muhammad Abduh, memperkenalkan Khalil Abdul Karim di antara kaum pemikir muslim yang ulang lainnya, mengenai Dr. Yusuf Qardlawi saya memilih berhati-hati, sebab iklim di Mesir berbeda dibandingkan di Indonesia yang tropis, tentunya mempengaruhi geliat nalar kaum penghuninya, meski di lain tempat Aguk memberi perbandingan Indonesia-Mesir, seperti pada catatan buat Ikranegera. Ada pola nalar Aguk bisa dibilang menarik, semisal memotret Mbah Maridjan seibaratan Nabi Ibrahim, perihalPadusan dts, yang menampilkan kearifan lokal untuk disinauhi kembali. Di esainya “Kesejajaran dan Pertentangan: Sains dan Agama,” sang penulis banyak menyisir permukaan ahli pikir Barat yang mempelajari keilmuan sedari khasana Islam, dan saya jadi tahu bagaimana pandangan Aguk menyikapi Stephen W. Hawking. Namun ada kelewat,mungkin Aguk abai atau lalai pada bukunya Eugene A. Myers “Arabic Thought and The Western Word” yang salah satunya mendapati penalaran Thomas Aquinas sedari temuannya al-Farabi. Selanjutnya mempertimbangkan Sutan Takdir Alisjahbana, tentu setelah baca jaman keemasan Yunani, kejayaan Islam, serta capaian Barat kini, untuk mencerna lemah lempung Pertiwi. Aguk pun memperkenalkan pemikiran al-Jilli diantara Nietzsche dan Søren Kierkegaard, mengetengahkan teorinya Charles Sanders Peirce bersama biografinya, kian dekat memahami posisi Ayatullah Khomeini dengan Mohammad Reza Syah (Dinasti Pahlevi), fenomena lokal Muhammad Yusman Roy, tidak luput menulis Adonis beserta sepak terjang kegelisahannya, menyikapi karikatur Nabi SAW pada koran harian di Denmark Jyllands Posten (30 September 2005), dan ditutup dengan esai “Tradisi Kenduren, Kearifan Lokal dan Identitas Budaya.”
Maka dalam buku Aguk yang dibagi 4 bagian, saya membacanya dengan 2 tarikan,Pertama lebih akrab mengenal dunia sastra di Indonesia dengan bumbu sedap sejarah kesusastraan sebelum Islam sampai turunnya ayat-ayat (al-Qur’an) teguran bagi para penyair hingga apa saja yang sepatutnya dilakukan sastrawan muslim, di sini Aguk memukul mundur sastra wangi, lalu memberi pengajaran sejauh mana seyogyanya susastra yang Islami, bukan yang berkembang ngepop sekarang ini, terlepas dari sejarah pergulatan orang-orang yang melakoni hidupnya dalam masyarakat. Kedua, di sinilah perbedaan para kritikus sastra Indonesia dengan Aguk, yang tak hanya berkutat dalam lingkaran dirinya sebagai penulis, tetapi berani keluar menyoroti perubahan, menyikapi laju jamannya, dan memberi benih unggul pengertian yang pantas dijumputi penulis setelahnya. Olehnya dari kisaran tulisan ini dapat ditarik benang simpul, pembacaan awal ke pertengahan cukup baik, yang tengah hingga tuntas bisa dibilang lumayan baik, dan biografi Aguk menjanjikan terbaik, karena sebentar lagi menyandang gelar Doktor. Jadi para mahasiswa dan kaum santri yang mengikuti diskusi kali ini, sangat merugi kalau tidak membeli bukunya; yang bagi saya ada beberapa buku bisa cepat kadaluarsa apa yang diunggahnya, sementara bukunya Aguk tidak mempan oleh fenomena tersebut, maka hukumnya wajib bagi kawula muda Lamongan untuk memilikinya, kalau ingin berbicara dunia sastra Islam pula para pemikir muslim beserta perkembangan geliatnya. Terakhir kali mohon maaf atas pembacaan yang melaju cepat, tentu masih siap menjawab yang mungkin kelak saya genapi, sebab apalah hebatnya gerak lesat hanya dibantu setan lewat, maka Wallahualam bissawab…
14 Mei 2014, dekat Bengawan Solo di desa Karangcangkring, Dukun, Gresik.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
A Rodhi Murtadho
A. Anzib
A. Azis Masyhuri
A. Mustofa Bisri
A. Qorib Hidayatullah
A. Riyadi Amar
A. Yusrianto Elga
A.H. J Khuzaini
A.J. Susmana
A.S Laksana
Abd. Basid
Abdul Azis Sukarno
Abdul Hadi W.M.
Abdul Kirno Tanda
Abdul Wachid B.S
Abdurrahman Wachid
Abdurrahman Wahid
Abimardha Kurniawan
Abu Salman
Acep Iwan Saidi
Acep Zamzam Noor
Achmad Sunjayadi
Adek Alwi
Adi Faridh
Adian Husaini
Adreas Anggit W.
Adrizas
Afrizal Malna
Agama Para Bajingan
Agni Rahadyanti
Aguk Irawan M.N.
Agus Aris Munandar
Agus B. Harianto
Agus Bing
Agus Buchori
Agus R. Sarjono
Agus Sulton
Agus Sunyoto
AH J Khuzaini
Ahda Imran
Ahid Hidayat
Ahmad Fanani Mosah
Ahmad Fatoni
Ahmad Hartanto
Ahmad Kekal Hamdani
Ahmad Muhli Junaidi
Ahmad Naufel
Ahmad Suhendra
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Ahsanu Nadia
Aini Aviena Violeta
Airlangga Pribadi
Ajip Rosidi
Akbar Ananda Speedgo
Akhmad Sekhu
Akhmad Sofyan Hadi
Akhmad Taufiq
Akhudiat
Akmal Nasery Basral
Alam Terkembang
Alang Khoiruddin
Aldila Avrikartika
Alfred Tuname
Ali Audah
Ali Soekardi
Amien Wangsitalaja
Andhi Setyo Wibowo
Andi Andrianto
Andong Buku #3
Andry Deblenk
Angela
Anggota FSL
Anggraini Lubis
Anindita S Thayf
Anis Ceha
Anjrah Lelono Broto
Anton Bae
Anton Kurnia
Anton Kurniawan
Anton Septian
Anwar Nuris
Any Rufaidah
APSAS (Apresiasi Sastra)
Arafat Nur
Ari Saputra
Ariany Isnamurti
Arie Yani
Arief Junianto
Arifin Hakim
Arim Kamandaka
Arina Habaidillah
Armada Riyanto CM
Arman A.Z.
Arswendo Atmowiloto
Arti Bumi Intaran
Arwan
Arysio Santos
AS Sumbawi
Asarpin
Asep Sambodja
Atafras
Atmakusumah
Awalludin GD Mualif
Aziz Abdul Gofar
Babad Nuca Nepa
Babe Derwan
Badrut Tamam
Bagus Takwin
Bahrul Ulum A. Malik
Balada
Bale Aksara
Bambang Kempling
Bambang Kuncoro
Bambang Satriya
Bambang Sugiharto
Bandung Mawardi
Banyuwangi
Bengawan Solo di Karanggeneng
Beni Setia
Benny Benke
Bentara Budaya Yogyakarta
Berita
Berita Duka
Berita Koran
Berthold Damshauser
Binhad Nurrohmat
Biografi
Blambangan kuno
Bonari Nabonenar
Brunel University London
Budaya
Budi Darma
Budi P Hatees
Budiawan Dwi Santoso
Bujang Tan Domang
Bung Tomo
Capres dan Cawapres 2019
Catatan
Cerbung
Cerkak
Cerpen
Chairil Anwar
Chamim Kohari
Chavchay Syaifullah
CNN Indonesia
D. Dudu AR
D. Zawawi Imron
Dahlan Kong
Damanhuri
Damhuri Muhammad
Dami N. Toda
Damiri Mahmud
Daniel Paranamesa
Danilo Kis
Danuji Ahmad
Darju Prasetya
Darmanto Jatman
David ZA
Dea Anugrah
Dedi Pramono
Deni Jazuli
Denny Mizhar
Desiana Medya A.L
Dewan Kesenian Lamongan (DKL)
Dian
Diana A.V. Sasa
Didin Tulus
Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan
Diskusi buku
Djibril Muhammad
Djoko Pitono
Djoko Saryono
Djulianto Susantio
Dody Yan Masfa
Dom Dinis
Donny Syofyan
Dorothea Rosa Herliany
Dwi Arjanto
Dwi Cipta
Dwi Fitria
Dwi Kartika Rahayu
Dwi Pranoto
Dwi S. Wibowo
Dwidjo U. Maksum
Edeng Syamsul Ma’arif
Edi Purwanto
Edith Koesoemawiria
EH Ismail
Eidi Krina Jason Sembiring
Eka Budianta
Eka Fendri Putra
Eka Kurniawan
Eko Endarmoko
Eko Nuryono
Elin Yunita Kristanti
Ellyn Novellin
Elnisya Mahendra
Em Syuhada’
Emha Ainun Nadjib
Eny Rose
Eriyanti
Esai
Evan Ys
Evieta Fadjar
F Rahardi
Fahrudin Nasrulloh
Faisal Kamandobat
Fakhrudin Aris
Fanani Rahman
Fariz al-Nizar
Faruk
Fatah Anshori
Fatah Yasin Noor
Fauzan Al-Anzhari
Fazabinal Alim
Felix K Nesi
Ferdiansyah Thajib
Festival Sastra Gresik
Festival Teater Religi
Forum Santri Nasional
Forum Sastra Lamongan
Furqon Lapoa
Galuh Tulus Utama
Ganug Nugroho Adi
Gde Artawan
Gede Mugi Raharja
Gerakan Surah Buku (GSB)
Gerson Poyk
Gito Waluyo
Goenawan Mohamad
Gola Gong
Grathia Pitaloka
Gugun El-Guyanie
Gunoto Saparie
Gus Ahmad Syauqi Ma'ruf Amin
Gus Dur
H.B. Jassin
Haaretz
Hadi Napster
Halim HD
Hamberan Syahbana
Hamdy Salad
Hamzah Fansuri
Haris del Hakim
Haris Saputra
Harri Ash Shiddiqie
Harry Susilo
Hartono Harimurti
Hasan Junus
Hasnan Bachtiar
Hawe Setiawan
Henri Nurcahyo
Hepi Andi Bastoni
Heri CS
Heri Latief
Heri Listianto
Heri Santoso
Hermien Y. Kleden
Hernadi Tanzil
Herry Lamongan
Heru CN
Heru Joni Putra
Hikmat Gumelar
Hilmi Abedillah
Hudan Hidayat
I Made Prabaswara
I Nyoman Darma Putra
I Nyoman Suaka
Ibnu Rusydi
Ibnu Wahyudi
IGK Tribana
Ignas Kleden
Ignatius Yunanto
Imam Muhayat
Imam Nawawi
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Indra J. Piliang
Indra Tjahjadi
Indra Tranggono
IPNU Kabupaten Lamongan 1955
Isbedy Stiawan Z.S.
Iskandar Noe
Iwan Kurniawan
Iwank
Jadid Al Farisy
Jafar Fakhrurozi
Jalan Raya Simo Sungelebak
Jamal D Rahman
Jamaluddin Mohammad
Jamrin Abubakar
Jauhari Zailani
Javed Paul Syatha
Jean Couteau
Jiero Cafe
Jihan Fauziah
JJ. Kusni
Jo Batara Surya
Joao Ruiz De Castelo Branco
Johan Khoirul Zaman
John Halmahera
John Sinartha Wolo
Joko Budhiarto
Joko Pinurbo
Joko Sandur
Joko Widodo
Jual Buku
Jual Buku Paket Hemat
Jurnalisme Sastrawi
Jusuf AN
K.H. Anwar Manshur
K.H. Ma'ruf Amin
Karanggeneng
Kasnadi
Katrin Bandel
Kemah Budaya Panturan (KBP)
Khoshshol Fairuz
Ki Ompong Sudarsono
Kingkin Puput Kinanti
Kirana Kejora
Komplek Gor Kamantren Paciran Lamongan
Komunitas Deo Gratias
Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias
Komunitas Perupa Lamongan
Komunitas Sastra Ilalang Indonesia (KSII)
KOSTELA
Kritik Sastra
Kukuh S Wibowo
Kukuh Yudha Karnanta
Kurnia EF
L. Ridwan Muljosudarmo
Laksmi Sitoresmi
Lamongan
Lamongan 1916
Larung Sastra
Lathifa Akmaliyah
Leila S. Chudori
Leo Tolstoy
Lina Kelana
Linda Christanty
Liza Wahyuninto
Loe Lan Ing
Lukisan Rengga AP
Lukman Santoso Az
Lutfi Rakhmawati
Lynglieastrid Isabellita
Lysander Kemp
M Anta Kusuma
M. Aan Mansyur
M. Harir Muzakki
M. Latief
M. Lubabun Ni’am Asshibbamal S.
M. Lukluk Atsmara Anjaina
M. Lutfi
M. Raudah Jambak
M. Yoesoef
M.D. Atmaja
Mahamuda
Mahendra Cipta
Mahmud Jauhari Ali
Majelis Sastra Asia Tenggara
Makalah Tinjauan Ilmiah
Mala M.S
Malam Apresiasi Seni Tanahmerah Ponorogo
Maman S. Mahayana
Manneke Budiman
Mardi Luhung
Margita Widiyatmaka
Marhalim Zaini
Mario F. Lawi
Marsi Ragaleka
Martin Aleida
Martin Lings
Masdharmadji
Mashuri
Mathori A Elwa
Matroni Muserang
Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia
MG. Sungatno
Mh Zaelani Tammaka
Misbahus Surur
Mochtar Lubis
Mohammad Eri Irawan
Muafiqul Khalid MD
Mudjia Rahardjo
Muh Syaifullah
Muhajir Arifin
Muhamad Rifai
Muhammad Al-Fayyadl
Muhammad Alimudin
Muhammad Aris
Muhammad Muhibbuddin
Muhammad Rain
Muhammad Taufiqurrohman
Muhammad Wava Al-Hasani
Muhammad Yamin
Muhammad Yasir
Muhammad Zuriat Fadil
Muhammadun A.S
Mujtahid
Mujtahidin Billah
Mulyadi SA
Mulyosari Banyuurip Ujungpangkah Gresik
Musfi Efrizal
Muslim Kasim
Musyafak
Nadhi Kiara Zifen
Nafi’ah Al-Ma’rab
Nailunni’am
Naqib Najah
Naskah Teater
Nasrullah Thaleb
Nawa Tunggal
Nevatuhella
Nezar Patria
Nina Mussolini-Hansson
Nirwan Ahmad Arsuka
Nirwan Dewanto
Nitis Sahpeni
Nizar Qabbani
Noor H. Dee
Noval Jubbek
Novel
Nunung Nurdiah
Nurel Javissyarqi
Nurjanah
Nurul Anam
Nurul Hadi Koclok
Nurul Komariyah
Nuryana Asmaudi
Obrolan
Octavio Paz
Olivia Kristina Sinaga
Orasi Budaya Akhir Tahun 2018
Pablo Neruda
Pagelaran Musim Tandur
Pawang Surya Kencana
PC. Lesbumi NU Babat
PDS H.B. Jassin
PDS HB Jassin
Pesantren Tebuireng
Petrus Nandi
Philipus Parera
Pipiet Senja
Plato
Pramoedya Ananta Toer
Pratono
Pringadi AS
Priyatna Abdurrasyid
Prof Dr Faisal Ismail MA
Prosa
Puisi
Puji Santosa
Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin
Pustaka Ilalang
PUstaka puJAngga
Putu Fajar Arcana
Putu Wijaya
R Toto Sugiharto
Radhar Panca Dahana
Rahmat Sularso Nh
Raihul Fadjri
Raja Ali Haji
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Ramadhan Batubara
Ranang Aji SP
Ratnaning Asih
Ratno Fadillah
Raudal Tanjung Banua
Raudlotul Immaroh
Redland Movie
Reiny Dwinanda
Rengga AP
Resensi
Reuni Mts Putra-Putri Simo Sungelebak 1991-1992
Rheza Ardiansyah
Riadi Ngasiran
Ribut Wijoto
Ridwan Munawwar Galuh
Riki Dhamparan Putra
Riki Utomi
Rinto Andriono
Riris K. Toha-Sarumpaet
Risang Anom Pujayanto
Riyadhus Shalihin
Riyon Fidwar
Robin Al Kautsar
Rodli TL
Rojiful Mamduh
Romi Zarman
Rosihan Anwar
Roso Titi Sarkoro
Rudy Polycarpus
Rumah Budaya Pantura (RBP)
Rx King Motor
S Yoga
S. Jai
S.W. Teofani
Sabine Mueller
Sabrank Suparno
Sahaya Santayana
Saifur Rohman
Sainul Hermawan
Sajak
Salamet Wahedi
Samin
Samsudin Adlawi
Sanggar Pasir
Sanggar Rumah Ilalang
Sapardi Djoko Damono
Saparinah Sadli
Sartika Dian Nuraini
Sarworo Sp
Satmoko Budi Santoso
Satriani
Satriwan
Satyagraha Hoerip
Saut Situmorang
Sayyid Fahmi Alathas
Sejarah
SelaSastra #24 di Boenga Ketjil Jombang
SelaSastra Boenga Ketjil
Seno Gumira Ajidarma
Seno Joko Suyono
Septi Sutrisna
Sergi Sutanto
Setia Naka Andrian
Shinta Maharani
Shiny.ane el’poesya
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Sita Planasari A
Siti Khoeriyah
Siti Muyassarotul Hafidzoh
Siti Sa’adah
Sitor Situmorang
Siwi Dwi Saputro
Siwi Tri Puji B
Sjifa Amori
Sofian Dwi
Sofyan RH. Zaid
Solihin
Solo Exhibition Rengga AP
Soni Farid Maulana
Sony Prasetyotomo
Sri Wintala Achmad
Sri Wulan Rujiati Mulyadi
St Sularto
Stefanus P. Elu
Suci Ayu Latifah
Sudartomo Macaryus
Sugiarta Sriwibawa
Sugiarto
Sujatmiko
Sunaryono Basuki Ks
Sungatno
Sunlie Thomas Alexander
Sunu Wasono
Suripto SH
Surya Lesmana
Suryadi
Suryanto Sastroatmodjo
Susianna
Sutamat Arybowo
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Syamsudin Walad
Syi'ir
Sylvianita Widyawati
Syu'bah Asa
TanahmeraH ArtSpace
Tarmuzie
Taufiq Ismail
Taufiq Wr. Hidayat
Teguh Setiawan
Teguh Winarsho AS
Temu Penyair Timur Jawa
Tengsoe Tjahjono
Th Sumartana
Thales
Theo Uheng Koban Uer
Timur Budi Raja
Titik Alva-Alvi Choiriyah
Tjahjono EP
Tjahjono Widarmanto
To Take Delight
Toko Buku Murah PUstaka puJAngga Lamongan
Tomas Transtroemer
Tosa Poetra
Toto Gutomo
TS Pinang
Tu-ngang Iskandar
Udo Z. Karzi
Ulil Abshar-Abdalla
Umar Fauzi Ballah
Umar Kayam
Umbu Landu Paranggi
Universitas Indonesia
Universitas Jember
Usman Arrumy
Uwell's King Shop
Uwell's Setiawan
Viddy AD Daery
Virdika Rizky Utama
W. Haryanto
W.S. Rendra
Wahyu Awaludin
Warih Wisatsana
Waskiti G Sasongko
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Wemmy Alfadhli
Wicaksono
Widya Oktaviani
Wina Bojonegoro
Wingko Legendaris dari Babat-Lamongan
Wisnu T Hanggoro
Wowok Hesti Prabowo
Y Alprianti
Y. Wibowo
Yani Arifin Sholikin
Yanto Musthofa
Yasraf Amir Piliang
Yayat R. Cipasang
Yohanes Padmo Adi Nugroho
Yohanes Sehandi
Yok’s Slice Priyo
Yoks Kalachakra
Yona Primadesi
Yoram Kaniuk
Yunit Permadi
Yusi A. Pareanom
Yusri Fajar
Yuval Noah Harari
Yuyun Ifa Naliah
Zaim Rofiqi
Zainal Arifin Thoha
Zaki Zubaidi
Zawawi Se
Zehan Zareez
Zen Rachmat Sugito
Tidak ada komentar:
Posting Komentar