Jumat, 26 Desember 2008

MODEL CERPEN PSIKOLOGIS-SIMBOLIK-SOSIO-KULTURAL

Maman S Mahayana
http://mahayana-mahadewa.com/

Damhuri Muhammad, Laras, Tubuhku bukan Milikku, Jakarta: Dastan Books, 2005, 219 halaman.

Ketika berbagai saluran komunikasi tersumbat, aspirasi dan amanat rakyat masuk keranjang sampah, gugatan para demonstran dianggap angin lalu, sementara para penguasa tidur nyaman dengan segala kebisutuliannya, sastra dapat digunakan sebagai salah satu alternatif; pilihan paling aman untuk mengungkapkan kegelisahan, unek-unek atau apapun yang mengganjal hati nurani kita. Dengan caranya yang khas, sastra bisa masuk ke ruang-ruang publik, mendekam di pojokan kelas, ruang kuliah, atau terus bergentayangan, memprovokasi siapa pun pembacanya.

Damiri Muhammad tampaknya menyadari benar posisinya. Maka, lewat sejumlah cerpen yang menjadi pilihannya, ia bisa leluasa mengumpat, mencaci-maki, mengkritik apapun atau siapa pun, dan sekaligus juga sebagai sarana menyelimuti keluh-kesah pengalaman subjektifnya. Dalam beberapa hal, antologi cerpen Laras, Tubuhku bukan Milikku (Jakarta: Dastan Books, 2005, 219 halaman), bolehlah ditempatkan sebagai representasi kegelisahan pengarangnya. Bukankah sastra di dalamnya bersembunyi pemaknaan pengarang atas pengalaman hidup dan tafsirnya atas fenomena sosial yang terjadi di sekitarnya.
***

Agak berbeda dengan banyak antologi cerpen lain yang kadangkala berisi semacam ikhtisar tentang proses kreatif pengarangnya atau semacam uraian untuk memberi pembenaran—pertanggungjawaban atas tema yang diusungnya, Damiri Muhammad justru mengungkapkan sikap profesionalitasnya. “Potret Gamang Seorang Pengarang” (h. 9—18) mewartakan sebuah sikap kepengarangannya: mengarang sebagai profesi, sebagai pilihan hidup. Sebuah pernyataan yang jelas melawan gelombang besar ketersesatan masyarakat. “Mengarang bukanlah profesi, bukan pula sebuah pekerjaan. Mengarang adalah kebiasaan mereka yang suka berhayal, membuang waktu, dan menghamburkan kata-kata tak bermakna!” Itulah arus besar pandangan menyesatkan dan meracuni hampir semua lapisan masyarakat kita. Damiri Muhammad –meski tidak sendiri dan bukan yang pertama—coba menggugurkan pandangan masyarakat yang keliru itu.?

Pertanyaannya kini: cukup kuatkah modal (capital) yang dimiliki Damiri atas pilihannya itu. Apakah sejumlah cerpennya dalam antologi ini mengisyaratkan sebuah potensi yang menjanjikan yang akan membawanya pada sebuah monumen prestisius atau nama besar dan reputasi?
***

Ada 13 cerpen yang termuat dalam buku antologi ini. Keseluruhannya memuat tema-tema yang beragam. Meskipun begitu, jika kita cermati benar ke-13 cerpen itu, kita dapat menangkap beberapa hal yang dapat digunakan sebagai modal awal.

Pertama, latar belakang pendidikannya jelas merupakan modal yang paling berharga. Kedua, kisah-kisahnya yang tampak obsesif tentang pengabdian sosok anak dan citra ibu, keterikatan pada kultur puak, dan traumatis pada kegagalan masa lalu, sesungguhnya merupakan bahan dasar yang baru terungkapkan dalam bentuk fragmen-fragmen. Di sana tersimpan potensi dan kekayaan problem psikologis yang kelak akan melahirkan karya-karya yang memukau-mencekam. Ketiga, sikap kritis dan pengamatannya pada problem sosial politik yang terjadi di negeri ini, tidak hanya akan membawanya mengungkapkan potret sosial dan semangat zamannya, tetapi juga sebagai bentuk kesaksian dan catatan atas segala peristiwa yang terjadi pada zamannya. Keempat, kepiawaiannya dalam menyelimuti pesan ideologis, menyulap caci-maki menjadi ironi, dan fakta sosial menjadi fiksi simbolik, niscaya akan memberinya tempat yang aman dalam posisi kepengarangnya. Kelima, kemampuan mengolah kata-kata menjadi narasi—seperti juga dalang yang salah satu syaratnya harus mampu menyajikan cerita dan mendongeng—, sudha tampak menonjol dalam diri Damiri, meski harus diakui pula, di sana-sini ada duplikasi.

Dengan sejumlah kekuatan itu, agaknya kita boleh berharap, bahwa pilihannya menjadi pengarang, tidaklah keliru. Periksalah, misalnya, cerpen “Laki-laki dari Negeri Kutukan,” “Lelaki Ibu,” atau “Liang Lahat Jauhara.” Ambivalensi antara cinta dan benci, menikmati dan mengutuk, atau hasrat ingin lepas-bebas dan asyik-masyuk terpenjara, begitu hidup membayangi tokoh-tokohnya. Ada problem psikologis yang tak mudah dicampakkan. Ia seperti lengket-menempel, tetapi sekaligus juga disadari oleh tokoh-tokohnya, sebagai sesuatu yang harus dibunuh-dibenamkan.

Cermati juga cerpen-cerpen “Sayembara Menulis Surat Cinta,” “Riwayat Selembar Kain Bendera,” “Tamasya ke Museum Kata-Kata,” “Hikayat Negeri Sayembara,” “Telinga-Telinga yang Berpuasa,” atau “Elegi Tukang Kursi.” Bukankah semua yang diungkapkan di sana merupakan potret buram dan carut-marut kehidupan sosial politik di negeri ini. Damiri menyulapnya menjadi ironi yang pahit atau komedi simbolik. Ini salah satu cara yang paling aman dalam melakukan kritik terhadap siapa pun dan setajam apa pun. Cara ini pula yang –dengan style yang berbeda—dilakukan Danarto dan Putu Wijaya.

Yang juga menarik dalam antologi ini adalah potret hitam dunia perempuan. Tokoh Laras (“Tubuhku bukan Milikku”) boleh jadi merupakan refleksi kegelisahan pengarangnya. Dalam kointeks yang lebih luas, ia sekaligus merupakan representasi problem dunia wanita di negeri ini. Arogansi dan superioritas yang diperlihatkan sosok tokoh Ayah (: laki-laki), tidak hanya berdampak pada trauma psikologis yang terus melekat seumur hidup bagi korban, tetapi juga menghancurkan jati diri sebagai manusia. Bukankah kini banyak sekali bermunculan tragedi kemanusiaan seperti itu. Lalu, bagaimana pula kita menyikapinya. Damiri Muhammad mengangkat tragedi itu secara mempesona-meyakinkan.
***

Secara keseluruhan, antologi cerpen Laras, Tubuhku bukan Milikku, terkesan seperti umumnya cerpen yang muncul di koran Minggu. Padahal, sesungguhnya, jika dicermati benar, di hampir semua cerpen Damiri ini, kita melihat adanya kekuatan yang berkaitan dengan problem kultural yang khas Minangkabau, problem psikologis yang melahirkan trauma dan obsesi yang terkendali, dan potret sosial politik yang diledek begitu sinis. Dalam konteks peta cerpen Indonesia kontemporer, jelas antologi cerpen ini telah ikut memperkaya khazanah tematiknya. Sementara itu, gaya ledeknya yang khas Minang –ngenye dan sinis—boleh jadi bakal ikut menyemarakkan gaya penulisan cerpen kita dewasa ini. Rasanya tak berlebihan jika kita berpengharapan bahwa sangat mungkin Damiri Muhammad sebentar waktu lagi akan menghasilkan tonggak dan monumen yang lebih kokoh dan prestisius.

Rasanya, pilihan Damiri Muhammad menempatkan kepengarangan sebagai profesi, sangat beralasan, dan (semoga) menjanjikan!

*) Pengajar Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Depok.

Tidak ada komentar:

A Rodhi Murtadho A. Anzib A. Azis Masyhuri A. Mustofa Bisri A. Qorib Hidayatullah A. Riyadi Amar A. Yusrianto Elga A.H. J Khuzaini A.J. Susmana A.S Laksana Abd. Basid Abdul Azis Sukarno Abdul Hadi W.M. Abdul Kirno Tanda Abdul Wachid B.S Abdurrahman Wachid Abdurrahman Wahid Abimardha Kurniawan Abu Salman Acep Iwan Saidi Acep Zamzam Noor Achmad Sunjayadi Adek Alwi Adi Faridh Adian Husaini Adreas Anggit W. Adrizas Afrizal Malna Agama Para Bajingan Agni Rahadyanti Aguk Irawan M.N. Agus Aris Munandar Agus B. Harianto Agus Bing Agus Buchori Agus R. Sarjono Agus Sulton Agus Sunyoto AH J Khuzaini Ahda Imran Ahid Hidayat Ahmad Fanani Mosah Ahmad Fatoni Ahmad Hartanto Ahmad Kekal Hamdani Ahmad Muhli Junaidi Ahmad Naufel Ahmad Suhendra Ahmad Yulden Erwin Ahmad Zaini Ahmadun Yosi Herfanda Ahsanu Nadia Aini Aviena Violeta Airlangga Pribadi Ajip Rosidi Akbar Ananda Speedgo Akhmad Sekhu Akhmad Sofyan Hadi Akhmad Taufiq Akhudiat Akmal Nasery Basral Alam Terkembang Alang Khoiruddin Aldila Avrikartika Alfred Tuname Ali Audah Ali Soekardi Amien Wangsitalaja Andhi Setyo Wibowo Andi Andrianto Andong Buku #3 Andry Deblenk Angela Anggota FSL Anggraini Lubis Anindita S Thayf Anis Ceha Anjrah Lelono Broto Anton Bae Anton Kurnia Anton Kurniawan Anton Septian Anwar Nuris Any Rufaidah APSAS (Apresiasi Sastra) Arafat Nur Ari Saputra Ariany Isnamurti Arie Yani Arief Junianto Arifin Hakim Arim Kamandaka Arina Habaidillah Armada Riyanto CM Arman A.Z. Arswendo Atmowiloto Arti Bumi Intaran Arwan Arysio Santos AS Sumbawi Asarpin Asep Sambodja Atafras Atmakusumah Awalludin GD Mualif Aziz Abdul Gofar Babad Nuca Nepa Babe Derwan Badrut Tamam Bagus Takwin Bahrul Ulum A. Malik Balada Bale Aksara Bambang Kempling Bambang Kuncoro Bambang Satriya Bambang Sugiharto Bandung Mawardi Banyuwangi Bengawan Solo di Karanggeneng Beni Setia Benny Benke Bentara Budaya Yogyakarta Berita Berita Duka Berita Koran Berthold Damshauser Binhad Nurrohmat Biografi Blambangan kuno Bonari Nabonenar Brunel University London Budaya Budi Darma Budi P Hatees Budiawan Dwi Santoso Bujang Tan Domang Bung Tomo Capres dan Cawapres 2019 Catatan Cerbung Cerkak Cerpen Chairil Anwar Chamim Kohari Chavchay Syaifullah CNN Indonesia D. Dudu AR D. Zawawi Imron Dahlan Kong Damanhuri Damhuri Muhammad Dami N. Toda Damiri Mahmud Daniel Paranamesa Danilo Kis Danuji Ahmad Darju Prasetya Darmanto Jatman David ZA Dea Anugrah Dedi Pramono Deni Jazuli Denny Mizhar Desiana Medya A.L Dewan Kesenian Lamongan (DKL) Dian Diana A.V. Sasa Didin Tulus Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan Diskusi buku Djibril Muhammad Djoko Pitono Djoko Saryono Djulianto Susantio Dody Yan Masfa Dom Dinis Donny Syofyan Dorothea Rosa Herliany Dwi Arjanto Dwi Cipta Dwi Fitria Dwi Kartika Rahayu Dwi Pranoto Dwi S. Wibowo Dwidjo U. Maksum Edeng Syamsul Ma’arif Edi Purwanto Edith Koesoemawiria EH Ismail Eidi Krina Jason Sembiring Eka Budianta Eka Fendri Putra Eka Kurniawan Eko Endarmoko Eko Nuryono Elin Yunita Kristanti Ellyn Novellin Elnisya Mahendra Em Syuhada’ Emha Ainun Nadjib Eny Rose Eriyanti Esai Evan Ys Evieta Fadjar F Rahardi Fahrudin Nasrulloh Faisal Kamandobat Fakhrudin Aris Fanani Rahman Fariz al-Nizar Faruk Fatah Anshori Fatah Yasin Noor Fauzan Al-Anzhari Fazabinal Alim Felix K Nesi Ferdiansyah Thajib Festival Sastra Gresik Festival Teater Religi Forum Santri Nasional Forum Sastra Lamongan Furqon Lapoa Galuh Tulus Utama Ganug Nugroho Adi Gde Artawan Gede Mugi Raharja Gerakan Surah Buku (GSB) Gerson Poyk Gito Waluyo Goenawan Mohamad Gola Gong Grathia Pitaloka Gugun El-Guyanie Gunoto Saparie Gus Ahmad Syauqi Ma'ruf Amin Gus Dur H.B. Jassin Haaretz Hadi Napster Halim HD Hamberan Syahbana Hamdy Salad Hamzah Fansuri Haris del Hakim Haris Saputra Harri Ash Shiddiqie Harry Susilo Hartono Harimurti Hasan Junus Hasnan Bachtiar Hawe Setiawan Henri Nurcahyo Hepi Andi Bastoni Heri CS Heri Latief Heri Listianto Heri Santoso Hermien Y. Kleden Hernadi Tanzil Herry Lamongan Heru CN Heru Joni Putra Hikmat Gumelar Hilmi Abedillah Hudan Hidayat I Made Prabaswara I Nyoman Darma Putra I Nyoman Suaka Ibnu Rusydi Ibnu Wahyudi IGK Tribana Ignas Kleden Ignatius Yunanto Imam Muhayat Imam Nawawi Imamuddin SA Iman Budhi Santosa Indra J. Piliang Indra Tjahjadi Indra Tranggono IPNU Kabupaten Lamongan 1955 Isbedy Stiawan Z.S. Iskandar Noe Iwan Kurniawan Iwank Jadid Al Farisy Jafar Fakhrurozi Jalan Raya Simo Sungelebak Jamal D Rahman Jamaluddin Mohammad Jamrin Abubakar Jauhari Zailani Javed Paul Syatha Jean Couteau Jiero Cafe Jihan Fauziah JJ. Kusni Jo Batara Surya Joao Ruiz De Castelo Branco Johan Khoirul Zaman John Halmahera John Sinartha Wolo Joko Budhiarto Joko Pinurbo Joko Sandur Joko Widodo Jual Buku Jual Buku Paket Hemat Jurnalisme Sastrawi Jusuf AN K.H. Anwar Manshur K.H. Ma'ruf Amin Karanggeneng Kasnadi Katrin Bandel Kemah Budaya Panturan (KBP) Khoshshol Fairuz Ki Ompong Sudarsono Kingkin Puput Kinanti Kirana Kejora Komplek Gor Kamantren Paciran Lamongan Komunitas Deo Gratias Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias Komunitas Perupa Lamongan Komunitas Sastra Ilalang Indonesia (KSII) KOSTELA Kritik Sastra Kukuh S Wibowo Kukuh Yudha Karnanta Kurnia EF L. Ridwan Muljosudarmo Laksmi Sitoresmi Lamongan Lamongan 1916 Larung Sastra Lathifa Akmaliyah Leila S. Chudori Leo Tolstoy Lina Kelana Linda Christanty Liza Wahyuninto Loe Lan Ing Lukisan Rengga AP Lukman Santoso Az Lutfi Rakhmawati Lynglieastrid Isabellita Lysander Kemp M Anta Kusuma M. Aan Mansyur M. Harir Muzakki M. Latief M. Lubabun Ni’am Asshibbamal S. M. Lukluk Atsmara Anjaina M. Lutfi M. Raudah Jambak M. Yoesoef M.D. Atmaja Mahamuda Mahendra Cipta Mahmud Jauhari Ali Majelis Sastra Asia Tenggara Makalah Tinjauan Ilmiah Mala M.S Malam Apresiasi Seni Tanahmerah Ponorogo Maman S. Mahayana Manneke Budiman Mardi Luhung Margita Widiyatmaka Marhalim Zaini Mario F. Lawi Marsi Ragaleka Martin Aleida Martin Lings Masdharmadji Mashuri Mathori A Elwa Matroni Muserang Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia MG. Sungatno Mh Zaelani Tammaka Misbahus Surur Mochtar Lubis Mohammad Eri Irawan Muafiqul Khalid MD Mudjia Rahardjo Muh Syaifullah Muhajir Arifin Muhamad Rifai Muhammad Al-Fayyadl Muhammad Alimudin Muhammad Aris Muhammad Muhibbuddin Muhammad Rain Muhammad Taufiqurrohman Muhammad Wava Al-Hasani Muhammad Yamin Muhammad Yasir Muhammad Zuriat Fadil Muhammadun A.S Mujtahid Mujtahidin Billah Mulyadi SA Mulyosari Banyuurip Ujungpangkah Gresik Musfi Efrizal Muslim Kasim Musyafak Nadhi Kiara Zifen Nafi’ah Al-Ma’rab Nailunni’am Naqib Najah Naskah Teater Nasrullah Thaleb Nawa Tunggal Nevatuhella Nezar Patria Nina Mussolini-Hansson Nirwan Ahmad Arsuka Nirwan Dewanto Nitis Sahpeni Nizar Qabbani Noor H. Dee Noval Jubbek Novel Nunung Nurdiah Nurel Javissyarqi Nurjanah Nurul Anam Nurul Hadi Koclok Nurul Komariyah Nuryana Asmaudi Obrolan Octavio Paz Olivia Kristina Sinaga Orasi Budaya Akhir Tahun 2018 Pablo Neruda Pagelaran Musim Tandur Pawang Surya Kencana PC. Lesbumi NU Babat PDS H.B. Jassin PDS HB Jassin Pesantren Tebuireng Petrus Nandi Philipus Parera Pipiet Senja Plato Pramoedya Ananta Toer Pratono Pringadi AS Priyatna Abdurrasyid Prof Dr Faisal Ismail MA Prosa Puisi Puji Santosa Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin Pustaka Ilalang PUstaka puJAngga Putu Fajar Arcana Putu Wijaya R Toto Sugiharto Radhar Panca Dahana Rahmat Sularso Nh Raihul Fadjri Raja Ali Haji Rakai Lukman Rakhmat Giryadi Ramadhan Batubara Ranang Aji SP Ratnaning Asih Ratno Fadillah Raudal Tanjung Banua Raudlotul Immaroh Redland Movie Reiny Dwinanda Rengga AP Resensi Reuni Mts Putra-Putri Simo Sungelebak 1991-1992 Rheza Ardiansyah Riadi Ngasiran Ribut Wijoto Ridwan Munawwar Galuh Riki Dhamparan Putra Riki Utomi Rinto Andriono Riris K. Toha-Sarumpaet Risang Anom Pujayanto Riyadhus Shalihin Riyon Fidwar Robin Al Kautsar Rodli TL Rojiful Mamduh Romi Zarman Rosihan Anwar Roso Titi Sarkoro Rudy Polycarpus Rumah Budaya Pantura (RBP) Rx King Motor S Yoga S. Jai S.W. Teofani Sabine Mueller Sabrank Suparno Sahaya Santayana Saifur Rohman Sainul Hermawan Sajak Salamet Wahedi Samin Samsudin Adlawi Sanggar Pasir Sanggar Rumah Ilalang Sapardi Djoko Damono Saparinah Sadli Sartika Dian Nuraini Sarworo Sp Satmoko Budi Santoso Satriani Satriwan Satyagraha Hoerip Saut Situmorang Sayyid Fahmi Alathas Sejarah SelaSastra #24 di Boenga Ketjil Jombang SelaSastra Boenga Ketjil Seno Gumira Ajidarma Seno Joko Suyono Septi Sutrisna Sergi Sutanto Setia Naka Andrian Shinta Maharani Shiny.ane el’poesya Sigit Susanto Sihar Ramses Simatupang Sita Planasari A Siti Khoeriyah Siti Muyassarotul Hafidzoh Siti Sa’adah Sitor Situmorang Siwi Dwi Saputro Siwi Tri Puji B Sjifa Amori Sofian Dwi Sofyan RH. Zaid Solihin Solo Exhibition Rengga AP Soni Farid Maulana Sony Prasetyotomo Sri Wintala Achmad Sri Wulan Rujiati Mulyadi St Sularto Stefanus P. Elu Suci Ayu Latifah Sudartomo Macaryus Sugiarta Sriwibawa Sugiarto Sujatmiko Sunaryono Basuki Ks Sungatno Sunlie Thomas Alexander Sunu Wasono Suripto SH Surya Lesmana Suryadi Suryanto Sastroatmodjo Susianna Sutamat Arybowo Sutardji Calzoum Bachri Sutejo Syamsudin Walad Syi'ir Sylvianita Widyawati Syu'bah Asa TanahmeraH ArtSpace Tarmuzie Taufiq Ismail Taufiq Wr. Hidayat Teguh Setiawan Teguh Winarsho AS Temu Penyair Timur Jawa Tengsoe Tjahjono Th Sumartana Thales Theo Uheng Koban Uer Timur Budi Raja Titik Alva-Alvi Choiriyah Tjahjono EP Tjahjono Widarmanto To Take Delight Toko Buku Murah PUstaka puJAngga Lamongan Tomas Transtroemer Tosa Poetra Toto Gutomo TS Pinang Tu-ngang Iskandar Udo Z. Karzi Ulil Abshar-Abdalla Umar Fauzi Ballah Umar Kayam Umbu Landu Paranggi Universitas Indonesia Universitas Jember Usman Arrumy Uwell's King Shop Uwell's Setiawan Viddy AD Daery Virdika Rizky Utama W. Haryanto W.S. Rendra Wahyu Awaludin Warih Wisatsana Waskiti G Sasongko Wawan Eko Yulianto Wawancara Wemmy Alfadhli Wicaksono Widya Oktaviani Wina Bojonegoro Wingko Legendaris dari Babat-Lamongan Wisnu T Hanggoro Wowok Hesti Prabowo Y Alprianti Y. Wibowo Yani Arifin Sholikin Yanto Musthofa Yasraf Amir Piliang Yayat R. Cipasang Yohanes Padmo Adi Nugroho Yohanes Sehandi Yok’s Slice Priyo Yoks Kalachakra Yona Primadesi Yoram Kaniuk Yunit Permadi Yusi A. Pareanom Yusri Fajar Yuval Noah Harari Yuyun Ifa Naliah Zaim Rofiqi Zainal Arifin Thoha Zaki Zubaidi Zawawi Se Zehan Zareez Zen Rachmat Sugito